Berawal dari iseng merekam percakapan selama berolahraga pagi di satu fasilitas olahraga, akhirnya, hingga pekan pertama Oktober 2018, didapat dua episode ‘Pagi-pagi Lari’.

Sebenarnya saya dan teman-teman sudah lama berniat membuat podcast. Kami pun sempat membuat satu pilot episode berisi percakapan saat kami berkumpul di sebuah café. Berbagai topik, tema, dan format juga telah dirancang. Tetapi, yah biasalah, waktu dan jadwal yang nggak cocok menghalangi kami berkumpul. Alhasil, rencana awal terbengkalai.

Berbekal perekam suara di handphone, keisengan merekam percakapan terus berlanjut hingga ke pertemuan berikutnya. Kebetulan, ada komitmen tiap kamis berolahraga pagi dengan Edra. Saya yang sedang dalam mindframe ‘just do it!’ berpikir, ‘kalau nggak bisa lengkap kumpul semua, ya yang ada aja dulu.’

Hingga saya teringat ada ‘International Podcast Day’ setiap tanggal 30 September. Jadi tertantang deh. Bisa nggak ya, kali ini bikin podcast?

Akhirnya berbagai potongan rekaman dipilah dan dikumpulkan menjadi satu potongan besar berdurasi 30 menitan, lalu diedit hingga hanya 20 menitan. Lalu rekaman tersebut diunggah ke podcast hosting platform Podomatic. Setelah didapat dua episode, kita beranikan diri mendaftarkan rss feed ke beberapa layanan podcast populer.

Dan kesimpulannya…. Bisa!

Konsep & Tujuan

Karena dadakan, konsep mewujud setelah berbagai potongan percakapan dirangkai dan disunting menjadi episode pertama ‘Pagi-pagi Lari di GOR Saparua, Bandung’. Ini adalah perbincangan ringan seputar kehidupan sehari-hari dan kejadian-kejadian yang menarik perhatian sambil berolahraga pagi.

Saat ini ‘Pagi-pagi Lari’ masih sangat sederhana. Tetapi mengingat keberagaman latar belakang yang tim ‘Pagi-pagi Lari’ miliki, pasti ada yang bisa dibagi. Kami berharap pendengar bisa menarik manfaat dari menyimak podcast ‘Pagi-pagi Lari’. Karenanya kami akan mengembangkan isi podcast ini agar tidak hanya berisi basa-basi.

Menyimak ‘Pagi-pagi Lari’

Saat ini ‘Pagi-pagi Lari’ bisa disimak di sejumlah layanan podcast seperti acast, Apple Podcasts, Podomatic, dan Spotify.

Supaya nggak ketinggalan episode terbaru, subscribe di Itunes atau tambahkan url atau rss feed: https://pagipagilari.podomatic.com/rss2.xml di app podcast Anda.

Sharing is caring. Jangan lupa ajak keluarga, teman, tetangga, dan rekan kerja untuk mendengarkan juga ‘Pagi-pagi Lari’. Kritik dan saran? Silakan email pagi.projects@gmail.com.

0